Hindari Kesalahan dalam Menata Hunian Minimalis


Tinggal di hunian yang mungil nan minimalis sebenarnya tidak menghalangi Anda untuk bebas mendekorasi ruang. Karena jika bisa mendekorasinya dengan baik, Anda dapat memiliki tampilan ruang yang lapang dan menawan. 

Jika tidak bisa mendekorasi dengan baik, hasilnya ruangan sempit yang Anda miliki akan terasa semakin sempit. Karena cara menata ruang tidak bisa disamakan dengan ruang satu dengan yang lain. Ada faktor lain seperti luas dari ruang yang cukup memberi pengaruh dalam penataannya. 

Nah, sebaiknya ketahui dahulu kesalahan yang biasa dilakukan saat menata ruang sempit. Jadi Anda dapat mempelajarinya terlebih dahulu ketika akan mulai menata. Berikut beberapa diantaranya. 

Memilih furniture yang besar 
Tidak selamanya furniture yang besar akan memiliki nilai fungsi yang tinggi dibanding furniture berukuran mini. Penting adanya untuk memperhatikan proporsi furniture yang akan Anda tempatkan. Misalnya saja saat memilih kursi direktur untuk ruang kerja Anda. pilihlah yang memiliki ukuran sedang namun tetap terlihat elegan. Lengkapi dengan dekorasi di sekelilingnya dengan ornamen dan aksesoris berukuran kecil. Mata Anda pun akan termanipulasi bahwa ruangan tersebut cukup lapang. 

Mengoleksi banyak barang 
Suka mengumpulkan banyak barang? Jika Anda tinggal pada hunian yang sempit, sebaiknya hilangkan kebiasaan tersebut. Hal ini dikarenakan terlalu banyak barang pada ruangan yang sempit dapat membuat tampilan yang berantakan dan kotor. Sebaiknya biasakan untuk menyimpan barang yang memang Anda perlukan saja agar ruangan terlihat jauh lebih rapi. 

Tidak memaksimalkan ruangan yang ada 
Hunian minimalis seakan memaksa otak untuk berpikir lebih kreatif bagaimana caranya memanfaatkan ruang semaksimal mungkin. Kunci sukses dari menata ruang sempit ialah tidak lagi membahas soal horizontal space, melainkan vertical space. 

Tanpa perencanaan yang baik 
Kadang karena ruangannya tidak luas, kita cenderung menggampangkan penataannya. Padahal dalam menata ruang yang kecil juga butuh rencana yang cukup matang. Karena jika tanpa perencanaan yang jelas, dekorasi pada ruang tidak akan terarah. Furniture dan segala aksesoris yang Anda beli tidak sesuai dengan ruangan. Alhasil ruangan yang tercipta pun tidak akan nyaman.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »