Cara Menentukan Harga Jual Properti Tanah dan Rumah yang Tepat


Menjual properti seperti tanah ataupun rumah memerlukan strategi yang tepat. Selain Anda harus pandai mencari pembeli, ada baiknya Anda sebagai seorang yang jual properti juga tahu cara menentukan harga yang benar. Ini bertujuan agar bisa menjual properti Anda dengan harga yang pas. Tidak terlalu murah atau tidak terlalu mahal serta yang teramat penting adalah tidak menunggu lama untuk properti Anda bisa beralih tangan.

Anda tak bisa menentukannya secara seenaknya sebab bukan Anda seorang saja yang menjual properti. Ada banyak orang lain yang mungkin saja memberikan penawaran yang lebih menarik dengan keuntungan yang lebih banyak. Untuk itulah Anda harus tahu bagaimana cara menentukan harga dalam menjual properti yang Anda miliki. Bagaimana?


Lakukan Survei

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam menentukan harga suatu properti yang akan Anda jual adalah dengan melakukan survei. Surveilah harga-harga properti di sekitar properti yang Anda miliki. Apakah properti yang sejenis ataupun bukan. Dengan mendapatkan nilai jual dari harga-harga properti di sekitar, Anda bisa membandingkannya.

Perbandingan ini bisa Anda jadikan acuan dalam menetapkan harga. Anda bisa menyesuaikan harga yang akan dikenakan pada properti yang dijual. Bisa sama, bila jadi sedikit lebih rendah jika ingin cepat laku ataupun lokasinya tidak sestrategis lokasi lainnya. Perbandingan harga ini bisa Anda tetapkan berdasarkan beberapa kategori.

Kategori-kategori tersebut seperti luas bangunan dan tanah, karakteristik rumah, bebas banjir atau tidak, bentuk bangunan, usia bangunan, legalitas dan masih banyak lagi. Dengan membandingkan kategori ini, Anda bisa tahu berapa harga pasar yang berlaku untuk rumah ataupun tanah yang akan Anda jual.

Apabila setelah melihat dari segala kategori perbandinan itu tanah dan rumah yang Anda jual lebih baik dibanding yang lain, maka Anda bisa menetapkan harga yang lebih tinggi ataupun sama. Namun, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, jika nilai jual properti Anda tak lebih baik, Anda bisa menetapkan harga sedikit lebih rendah.

Langkah pertama ini memang membutuhkan usaha yang lebih besar. Sebagian besar orang malas melakukannya. Namun, ya ada tindakan, ada pula keuntungannya. Semua usaha yang Anda lakukan akan sebanding dengan apa yang akan Anda dapatkan.

Uji Kebenaran Harga

Setelah mengetahui berapa kira-kira harga dari properti yang ingin Anda jual, sebaiknya Anda melakukan uji keberanaran harga. Caranya, Anda cukup melakukan analisa harga bangunan dan tanah secara terpisah. Misalnya saja harga tanah yang Anda miliki adalah 300 juta, lalu, harga rumah Anda juga 300 juta. Jadi, tak masalah Anda menawarkannya 600 juta.

Tapi, alangkah lebih baiknya bila Anda menerapkan harga yang lebih tinggi saat pembeli bertanya. Sebab, harga tersebut belum terkena negoisasi. Tak mungkin Anda tidak memberikan kurang dari nilai jual tanah dan rumah yang Anda miliki, kan? Maka dari itu, setidaknya Anda menaikkan harganya 20% dari perkiraan. Ini termasuk teknik marketing.

Tujuannya, agar Anda tetap bisa mendapatkan harga yang wajar saat proses pembelian terjadi. Selain menentukan harga rata-rata dan harga atas, sebaiknya Anda juga menetapkan harga terendah dari properti Anda. Tujuannya tentu saja untuk memperkirakan kerugian yang bisa Anda alami jika Anda menjual properti Anda terlalu murah.


Gunakan Jasa Penilai Properti

Jika Anda tak sempat melakukan survei untuk menentukan nilai jual properti Anda, ataupun Anda tak mengerti bagaimana cara melakukannya, ada baiknya Anda menggunakan jasa penilai properti untuk melakukannya. Jasa penilai properti ini bisa jadi sangat membantu Anda dalam menentukan harga yang pas untuk properti tanah maupun rumah Anda.

Dengan menggunakan jasa penilai properti ini, Anda benar-benar bisa mengurangi kerugian akibat kesalahan perhitungan nilai jual dari properti Anda. Anda juga akan mengurangi risiko pembeli kabur bila menetapkan harga yang terlalu tinggi. Sebab, Anda harus ingat. Setiap pembeli umumnya juga melakukan survei sebelum membeli properti.

Mereka biasanya melakukan survei dengan bertanya kepada para tetangga sekitar properti Anda ataupun pemerintahan setempat. Apabila Anda menetapkan harga terlalu mahal dibanding harga properti di sekitar, otomatis pembeli tidak akan menawar apalagi membeli properti Anda. Mereka akan pergi dan mencari properti lain.

Sedangkan bila Anda menetapkan harga terlalu murah, mereka mungkin akan langsung setuju. Tapi, dalam hal ini Andalah yang rugi. Jadi, dengan menetapkan harga yang wajar dengan bantuan jasa penilai properti itu juga bagus. Setidaknya Anda bisa mendapatkan pembeli lebih mudah.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam menetapkan nilai jual properti Anda. Jika Anda ingin usaha jual beli properti, atau menjual properti Anda melalui layanan online, Anda bisa meminta bantuan www.rumah.com. Semua tersedia di sini. Mulai dari rumah, tanah dan ruko. Jika Anda ingin meminta bantuan menjualkan properti di sini juga bisa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »