Manfaat Membuatkan Jajanan Anak Homemade


Banyak sekali jenis jajanan anak yang dijual di sekitar kita. Berwarna-warni dan berbagai bentuk. Ada ukuran besar dan kecil. Ada yang kemasan dan ada juga yang tidak. Bagi jajanan yang tidak kemasan, kita wajib mewaspadai, karena kita kita tidak tahu bagaimana proses pengolahannya, bagaimana kualitas bahannya, dan lain-lain.

Untuk jajanan kemasan pun juga harus diperhatikan dengan baik. Lihat kemasannya, tanggal produksinya, dan komposisi bahannya. Ini dikarenakan banyak juga kasus anak keracunan karena jajan sembarangan. Bukan hal yang tidak mungkin jika jajajan kemasan pun terbuat dari bahan yang berbahaya. Ditambah lagi dengan pengawet, maka lengkap sudah komposisi berbahaya dari jajanan untuk anak ini.

Membelikan jajanan untuk anak adalah salah satu tindakan yang terbaik. Sehingga orangtua menjadi tahu jajanan apa yang dikonsumsi anak. Namun tidak selamanya memanjakan anak dengan jajanan yang dijual bebas. Ada saatnya juga bagi ibu untuk memperkenalkan jajanan anak yang aman dan sehat yakni yang dibuat sendiri.

Manfaat membuatkan jajanan homemade untuk anak

Jajanan untuk anak bisa dibuatkan sendiri di rumah. Lebih hemat dan sehat. Terjamin juga kebersihannya. Anak akan terbiasa jika dibiasakan. Jadi ibu tidak perlu khawatir jika anak akan menolak dibuatkan jajanan homemade. Anak akan terbiasa jika ibu membiasakannya. Yang terpenting adalah ibu tahu jajanan anak yang paling diselerai anak.

Berikut adalah manfaat membuatkan jajanan homemade untuk anak:

● Anak menjadi berkurang uang sakunya. Hal ini sudah pasti terjadi, karena anak sudah membawa jajan sendiri dari rumah. Anak akan berkurang hasrat memakai uang sakunya untuk membeli jajan.

● Anak menjadi lebih sehat. Tidak gampang sakit perut pastinya, sehingga akan memberikan keceriaan tersendiri bagi anak. Ibu akan menggunakan bahan jajanan yang alami, sehingga konsumsi bahan kimia akan berkurang.

● Anak jadi bisa membedakan mana makanan yang sehat dan tidak. Sehingga mereka akan lebih selektif dalam membeli jajanan.

● Anak menjadi lebih kreatif. Inilah fungsi penting dari memberikan jajanan homemade untuk anak. Anak bisa ikut membuat jajanan bersama ibu di dapur. Anak akan berkreasi sendiri untuk menghias jajanan homemade yang akan dibawanya ke sekolah.

● Mindset anak akan terpacu untuk menyebarkan kelezatan jajanan homemade-nya kepada teman-teman. Anak akan terlatih untuk berkomunikasi dengan baik.

● Anak menjadi bertambah ilmunya untuk membedakan mana jajanan yang aman dan yang berbahaya.

● Anak menjadi semakin paham akan kepedulian orangtua kepadanya. Mereka akan lebih dekat dengan orangtuanya.

● Mempererat hubungan antara anak dan orangtua saat membuat jajanan. Ada canda tawa bahagia yang tidak bisa tergantikan oleh apapun.

Memberikan jajanan anak homemade sangat banyak keuntungannya. Salah satunya adalah memberikan perlindungan tersendiri bagi anak. Perlindungan akan kesehatan anak.

Apalagi jika menggunakan Blueband sebagai pelengkap bahan membuat jajanan homemade, maka anak akan menjadi lebih sehat, karena ada kandungan karbohidrat, vitamin, dan zat besi yang ada di dalamnya. Membuat anak semakin sehat dan ceria.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »