Kepulauan Banyak, Gugusan Surga Tersembunyi di Pesisir Barat Aceh


Sebagai salah satu provinsi terluar di Indonesia, Aceh adalah aset yang berharga bagi sektor pariwisata. Di provinsi yang pernah luluh lantah akibat gempa dan tsunami dahsyat di tahun 2004 ini, terdapat pantai dan pulau-pulau kecil yang berhadapan langsung dengan luasnya Samudra Hindia.

Salah satunya adalah pantai dan pulau-pulau kecil yang tergabung dalam Kepulauan Banyak di Aceh Singkil, Aceh yang memiliki luas sekitar 27.196 ha. Di kepulauan ini, terdapat sekitar 99 pulau dengan pulau Tuangku, Bangkaru, Ujung Batu, dan Palambak besar sebagai pulau terbesar. Menariknya, semua pulau ini bisa dikunjungi untuk berwisata, tapi tidak semuanya berpenghuni.

Kegiatan-kegiatan di kepulauan Banyak terpusat di pulau Balai yang merupakan ibukota kecamata. Disini, kamu bisa menemukan informasi, penginapan, restoran, penyewaan alat untuk menikmati setiap hiburan yang ada disana, dan fasilitas lainnya yang jauh lebih lengkap di banding pulau lainnya di kepulauan Banyak.

Di setiap pulau tersebut, kamu bisa melakukan banyak aktifitas menarik. Mulai dari wisata kuliner sampai menjelajahi seluruh pulau, baik yang berpenghuni atau pun tidak. Untuk mencapai seluruh pulau yang ada di kepulauan banyak, kamu bisa menyewa kapal yang biasanya banyak tersedia di pulau Balai. Hanya saja, harga sewa kapal tergolong sangat mahal. Untuk itu, kamu perlu berkunjung ke kepulauan banyak dalam sebuah kelompok. Kamu juga bisa membuat kelompok sendiri dengan mengumpulkan orang-orang yang sedang berlibur di sana, lalu mengajak mereka untuk bersama-sama menjelajahi seluruh kepulauan banyak menggunakan kapal. Jadi kamu bisa membagi pengeluaran bersama mereka.

Lalu, cara terbaik untuk menjelajahi seluruh isi pulau adalah dengan berjalan kaki menyusuri pantai atau hutan tropis di dalamnya. Sedangkan tempat terbaik untuk melakukan petualangan seperti ini adalah di pulau Tuangku. Di sini, kamu bisa melihat beberapa hewan liar seperti kancil, bero Nias, babi hutan, dan kupu-kupu yang beraneka warna.

Selanjutnya, kamu juga bisa melakukan taning atau berjemur dan bermin air di pantai. Pasir pantai di setiap pulau di kepulauan Banyak tergolong sangat halus, bersih, dan putih. Jadi, akan sangat terasa nyaman untuk bermain pasir atau berbaring di atasnya. Dari pantai, kamu bisa melihat langsung betapa luasnya Samudra Hindia di sebelah Barat. Momen terindah yang bisa kamu saksikan adalah melihat matahari terbenam saat cuaca cerah.

Kamu juga bisa melihat serunya upaya konservasi penyu di pulau bangkaru. Berbagai jenis penyu seperti penyu hijau, penyu belimbing, dan penyu sisik dipelihara di sana dengan baik. Kamu juga bisa belajar banyak tentang konservasi penyu sambil mendokumentasikannya untuk disebarluaskan di media sosial agar tidak ada lagi orang yang bertindak seenaknya terhadap penyu-penyu ini. Tapi, pastikan kamu membawa uang tunai saat berkunjung ke tempat konservasi ini, karena kamu akan dikenakan biasa administrasi untuk masuk ke sana.

Kamu juga bisa melakukan kayaking atau mendayung kayak di dekat pantai. Kayak ini bisa kamu sewa ke penyedia yang ada di pulai Balai. Tapi untuk melakukan hal ini, diperlukan tenaga lebih agar kayak yang kamu naiki bisa bergerak ke arah yang kamu tuju. Mendayuk kayak itu tidak mudah lho. Meskipun cukup sulit dan menghabiskan banyak energi, kayaking adalah salah satu aktifitas yang bisa membuat kamu merasa puas saat berkunjung ke kepualauan banyak.

Setelah melakukan semua itu, tak lengkap rasanya bila berlibur ke Kepualauan Banyak tanpa menyelami keindahan bawah lautnya. Gugusan terumbu karang beseerta ikan yang hidup disekitarnya tak kalah indah dengan Wakatobi, atau Derawan. Airnya lautnya pun sangat jernih, bahkan kamu bisa melihat kehidupan yang ada di kedalaman beberapa meter dari permukaan. Maka tak heran jika banyak kapal di sna yang menggunakan kaca di bagian bawahnya agar penumpang bisa melihat ke dasar laut yang indah. Untuk aktifitas peyelaman seperti ini, sebaiknya kamu melakukannya di perairan yang dekat dengan pulau Tailana, Rago-rago, Matahari, Pabisi, dan Sikandang karena disanalah spot terbaik untuk menikmati pemandangan bawah laut di kepulauan Banyak.

Di kepulauan Banyak juga kamu bisa melakukan surfing. Setidaknya, ada sekitar 12 titik terbaik untuk melakukannya. Diantaranya di dekat pulau Bankaru, Silirang, Tuangku, Amandangan, dan Bangkar. Namun, kamu harus berhati-hati dalam memilih lokasi untuk berselancar jika belum mahir melakukannya karena ombak di sana bisa mencapai ketinggian hingga 4-6 meter. Di perairan ini juga sangat jarang ditemukan  hiu, jadi cukup aman untuk melakukan aktifitas selancar.

Jadi kalau kamu traveling ke Kepulauan Banyak, kamu bisa menjelajahi banyak pulau dan melakukan banyak aktifitas sekaligus. Untuk berlibur ke Kepulauan banyak, lebih baik kamu beli tiket pesawat menuju Medan. Karena meskipun kepulauan banyak terletak di Provinsi Aceh, posisinya justru lebih dekat dengan kota Medan. Setelah itu, kamu harus menempuh perjalanan darat menuju Aceh Singkil, lalu melanjutkannya dengan kapal menuju pualau Balai. Untuk membeli tiket murah menuju Medan, kunjungilah Reservasi.com. Melalui situs ini, kamu akan menemukan banyak maskapai penerbangan yang akan membawamu ke Medan dengan harga terbaik. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »