Kenali Alergi Pada Kulit dan Beberapa Penyebabnya


Setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda, hal ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang orang miliki berbeda-beda. Misalnya untuk mereka yang sistem kekebalan tubuh atau imun nya cenderung rentan terhadap segala macam asupan makanan atau hal lainnya yang mempengaruhi kondisi tubuh maka akan dapat dipastikan orang tersebut rentan terhadap alergi. Berbicara mengenai alergi, salah satu jenis alergi yang paling sering ditemukan atau mungkin Anda juga mengidap nya adalah alergi kulit. Alergi yang satu ini seringkali menyiksa diri Anda jika menderita nya sebab salah satu efek yang ditimbulkan adalah dapat membuat kulit terasa gatal, merah, bahkan menimbulkan bintik-bintik yang seringkali membuat Anda merasa tidak nyaman. Untuk itu penting sekali bagi Anda kenali alergi pada kulit Anda beserta beberapa yang menyebabkannya seperti berikut ini:

1. Keturunan atau faktor gen,
Ini sudah lumrah terjadi pada siapapun, misalnya saja jika Anda memiliki garis keturunan yang mengalami alergi seperti apabila orang tua Anda mengalami alergi kulit maka kemungkinan besar hal tersebut juga akan diderita oleh Anda. Sebab faktor gen memang sebuah pewarisan beberapa sifat yang diturunkan sejak kelahiran.

2. Parfum,
Tanpa Anda sadari terkadang parfum juga dapat menjadi pemicu adanya alergi yang Anda derita seperti untuk jenis parfum yang mengandung zat berupa Myrooxylon pereirae yakni balsam perlu yang merupakan bahan dari getah pohon. Zat tersebut menjadi salah satu pemicu timbulnya alergi kulit. Karena memang penggunaan parfum biasanya langsung menempel pada kulit.

3. Antibiotik,
Bagi sebagian orang mungkin ada juga yang mengalami alergi kulit terhadap antibiotik. Hal tersebut dikarenakan pada antibiotik terdapat zat berupa Neomycin sulfate yang terkadang mampu membuat kulit sensitive dan bagi Anda yang alergi terhadap zat tersebut sebaiknya jika mengalami luka hindari pengunaan antibiotik.

4. Antiseptik,
Selain antibiotik, kenali alergi jenis alergi kulit yang juga disebabkan oleh antiseptic. Ini biasanya terjadi karena masalah alergi anak yang disebabkan oleh zat thimerosal yang biasanya mengandung merkuri dan hal tersebut memicu adanya alergi kulit.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »