Kenal dengan Bottle Smoker dan Stars and Rabbit?


Selalu banyak alasan bagi seseorang ketika membicarakan sekelompok group musik. Mulai dari genre/aliran musik yang di usungnya, style kesehariannya  maupun ketika perform, sampai ke berita atau gosip pribadi setiap personil group musik tersebut. Terlebih group musik itu terkenal baik di lokal maupun mancanegara. Bagi para pendengar musik sendiri, mengetahui seluk beluk sebuah group musik merupakan suatu kebanggaan. Dan menurut mitos nya, ketika seseorang mengetahui group musik yang belum di ketahui orang banyak atau lebih banyak mengetahui group musik ketimbang orang sekitarnya, maka berbanding lurus dengan tingkat musikalitas dari pendengar itu sendiri. Yah mungkin semacam perpustakaan gitu. Semakin banyak kita baca buku, semakin banyak referensi/pembendaharaan kata maupun ilmu nya.

Artikel kali ini akan membahas 2 group musik dari tanah air Indonesia yang memilih jalur anti mainstream dan malah terkenal di mancanegara, mereka juga tampil di ajang artwarding night dari GoAheadPeople.com. Sebut saja group musik Bottlesmoker dan Stars and Rabbit. Yang tampil berduel dengan lagu berjudul “The House”.

Bottlesmoker
Group musik Bottlesmoker asal Bandung yang memulai kiprahnya tahun 2005 dan meraih penghargaan emas di ajang kompetisi indie Asia Pasifik ini. Band ini justru mendapat banyak sambutan di negeri orang. Nama Bottlesmoker merujuk pada kebiasaan para personel yang suka membuat asbak dari botol minuman. Personel band bergenre electro pop ini hanya ada dua orang, Anggung Kuy Kay (25) dan Ryan Nobie (25). Nobie dan Angkuy (panggilan khas Anggung) merupakan sahabat ketika mengambil D-3 jurusan broadcast di UNPAD.

Mereka mulai mempublikasikan karya ke internet tahun 2006 dengan konsep yang radikal, yaitu membagikan gratis single dan album mereka. Tak hanya berbagi gratis di MySpace, Bottlesmoker juga mendistribusikan musiknya lewat  netlabel atau label internet. Tak ada bayaran untuk karya-karya mereka, tetapi itulah pilihan mereka. Dan di tahun 2006 juga single mereka di lirik label-label indie mancanegara, seperti netlabel asal Spanyol.

STARS and RABBIT
Berbeda dengan Bottlesmoker, group Stars and Rabbit lebih mengusung musik dengan format folk/akustik. Namun dari semua nomer lagunya lagunya sarat dengan alunan-alunan yang terkesan magis ditambah suara khas Elda. Persamaan kedua group musik ini adalah beranggotakan hanya dua orang. Kalau di Bottle smoker ada Nobey dan Angkuy dengan alat tempur elektroniknya di Star and Rabbit ada Elda dan Adi dengan pop indie nya.

Tahun 2016 merupakan tahun yang tidak dapat di lupakan atau bisa di bilang tahun yang melelhkan sekaligus sangat menyenangkan, karena di tahun 2016 Stars and Rabbit Tour in England. Mereka di undang tampil di Cafe atau Pub di beberapa kota Inggris. Hal ini merupakan  suatu kebanggan bagi group musik yang mulai di bentuk awal 2011, dan kebanggan bagi Indonesia juga tentunya.
Meski tergolong group duo, tapi dalam penampilannya tak  jarang mereka menggaet pemain additional untuk di perkusi, keyboard dan bass. Dengan genre pop folk indie, lagu-lagu Stars and rabbit yang semuanya berbahasa inggris tidak terlalu sulit untuk diterima. Unsur British nya bisa di bilang cukup kental. Ditambah lengkingan Elda dan petikan Adi yang juga menonjolkan unsur-unsur folk Indonesia, sehingga lagu yang terdengar semakin magis. Pagi penggemar musik British seperti ColdPlay, Muse, Radiohead, Bjork, akan menemukan ke “magisan” nya di Stars and Rabbit.

Bisa dibayangkan jika mereka tampil dalam satu panggung, seperti pada acara artwarding night, berhasil membuat musik yang sangat amat “magis”. Akhir kata, dukung terus music Indonesia, jangan lupa juga untuk bergabung di GoAheadPeople.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »