Jangan Simpan Belanjaan Berikut di dalam Kulkas!


Berbelanja buah-buahan atau sayur-sayuran perlu diperhatikan mengenai penyimpanannya. Biasanya ibu-ibu tidak ambil pusing dalam masalah penyimpanan belanjaannya, cukup letakkan di kulkas, semuanya akan aman dan belanjaan akan selalu terlihat fresh. Namun tahukah anda bahwa menyimpan buah-buahan atau sayur-sayuran di kulkas perlu diperhatikan, apa saja contoh belanjaan tersebut? Berikut Rajados.com akan melampirkannya.

1. Kentang
Menurut Food Standard Agency, kentang tidak dapat disimpan lemari pendigin karena zat tepung akan berubah menjadi gula. Saat dipanggang atau digoreng, gula akan bercampur dengan asam amino asparagin lalu menghasilkan zat kimiawi akrilamida (acrylamide) yang berbahaya.

2. Labu
Seperti bawang, labu lebih baik disimpan di tempat yang dingin dan gelap. Tidak cocok disimpan di kulkas, lebih baik di lemari.

3. Melon
Melon yang disimpan di kulkas akan kehilangan zat antioksidan bila terlalu dingin. Simpan melon di suhu ruangan. Bila ingi disimpan di kulkas, potong dulu lalu bungkus rapat.

4. Tomat
Menurut Harold McGee dalam buku “On Food and Cooking” mengatakan bila disimpan di kulkas, membran tomat akan terganggu sehingga mengurangi rasa.

5. Alpukat
Suhu dingin membuat mereka tidak bisa matang, menjadi terlalu keras saat dimakan.

6. Pisang
Pisang yang masih hijau tidak akan matang bila disimpan di kulkas,akan berubah lembek dan menghitam. Jika sudah matang, simpan di laci yang kering.

7. Pir, persik 
Buah ini bisa saja disimpan di kulkas, tapi rasanya akan berubah. Lebih baik masukkan ke kulkas bila sudah manis dan matang.

8. Bawang merah dan bawang putih

Simpan di tempat yang gelap dan kering, tapi bukan di kulkas, agar kualitas rasa terjaga.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »