Hal yang Perlu Dihindari Fresh Graduate dalam Melamar Kerja


Fokus saat di bangku kuliah membuat minimnya pengetahuan mengenai dunia kerja para fresh graduate. Memiliki IPK yang tinggi memang sebuah prestasi yang patut dibanggakan serta akan membantu dalam seleksi kerja nantinya. Namun, kualifikasi dalam mendapatkan sebuah pekerjaan bukan hanya itu. Hal yang kadang kurang diperhatikan oleh fresh graduate adalah lamaran kerja mereka. Kesalahan dalam membuat lamaran kerja ini menjadi salah satu faktor yang membuah mereka susah mendapatkan sebuah pekerjaan. Simak informasi mengenai hal yang perlu dihindari fresh graduate dalam melamar kerja berikut ini.

Membuat Satu CV dan Surat Lamaran untuk Semua Lamaran
Fresh graduate biasanya menyebar lamaran di berbagai instansi. Namun, kesalahan fatal mereka adalah hanya membuat satu surat lamaran dan CV untuk semua lamaran. Seharusnya fresh graduate ini memperhatikan dahulu latar belakang perusahaan atau tempat ia mau bekerja. Selanjutnya, mereka harus menyesuaikan isinya. Apalagi untuk CV, pada lembar CV biasanya kita menyebutkan keahlian yang bersangkutan dengan pekerjaan. Melamar pekerjaan yang berbeda, tentu membutuhkan ringkasan latar belakang yang berbeda pula.

Pas Foto dengan Jas Universitas
Terlihat sepele, namun sebenarnya penampilan adalah hal pertama yang dinilai oleh HRD. Jangan pernah mencoba untuk memakai foto lama misalnya saja pas foto dengan jas universitas. Sebaliknya, fresh graduate seharusnya menyesuaikan penampilannya dengan jenis pekerjaan yang dilamar. Penampilan Anda harus menyiratkan bahwa Anda mempunyai keterampilan di bidangnya.

Meragukan Kemampuan Sendiri
Tak sedikit dari fresh graduate yang meragukan kemampuannya sendiri dan menggambarkan keraguan tersebut di dalam surat lamaran. Ingat, perusahaan manapun tidak ada yang berminat memperkerjakan seseorang dengan kemampuan apa adanya. Mereka bahkan ingin seseorang yang multi-tasking. Jadi, jelaskanlah kelebihan Anda dan alasan mengapa mereka harus memilih Anda. Namun, ingat harus jujur. Oleh karena itu, skill yang mumpuni sangat diperlukan oleh pelamar kerja.

Subjek E-mail Tidak Jelas
Zaman sekarang, banyak sekali perusahaan yang merekrut karyawan secara online melalui e-mail. Mengirim lamaran kerja melalui e-mail ini tidak hanya asal kirim. Pastikan Anda menyusun file secara berurutan dan menuliskan subjek e-mail yang tepat.

Demikianlah pembahasan mengenai hal yang perlu dihindari fresh graduate dalam melamar kerja. Seseorang tanpa pengalaman kerja bukan berarti tidak bisa bekerja. Pekerja professional pun dulunya hanyalah seorang fresh graduate, hanya saja jadilah fresh graduate yang teliti dalam melamar kerja. Selain itu, kebenaran informasi dari situs lowongan kerja sangatlah penting, untuk mencari lowongan kerja di suatu kota, misalnya lowongan kerja di Banjarmasin

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »